Air Terjun Sentul Paradise – Wisata Bogor

Pagiiii sahabat TARAKAisME, kalian pasti masih asik libur long weekend ya…
Buat yang di Jakarta, dan masih bingung mau liburan asik yang alami di deket Jakarta….silahkan cobain Air Terjun Sentul Paradise (Desa Bojong Koneng) aja. Seruuu lho, buat berbagi pengalaman mengenal alam ke anak-anak kita. Untuk menuju kesana cukup gampang kok, tinggal naik tol ke arah bogor, dan exit di Sentul City (Keluar 37).

sentul_selatan

Setelah exit tol, silahkan belok kiri dan ikuti jalan saja ke arah Km 0 (nol), nanti setelah melewati Giant supermarket ada turunan, ambil arah ke kiri dan terus saja ke jalan menanjak. Biasanya banyak para pesepeda yang emngarah ke Km 0 Sentul.  Sebagai ancer-ancer, jarak dari gerbang ke Air Terjun Sentul Paradise adalah 16,5 Km. Setelah selesai tanjakan, tidak jauh dari sana sudah ada plang besar Air terjun Sentul Paradise, nah silahkan belok ke kiri.

sentul_paradise_air_terjun

Disana sudah terlihat gerbang karcisnya, untuk biaya kercis masuk : Rp. 20.000/ orang (hari Senin – Jumat) | Rp. 25.000 (hari Sabtu – Minggu) | Rp. 30.000 (hari Libur Nasional), dan untuk parkir mobil Rp. 10.000, sedangan biaya kontribusi jalan mobil pribadi Rp. 3.000 – bus Rp. 10.000

wentul_paradise_bogor

Ohya, setelah masuk gerbang tiket, kita mulai memasuki jalan turunan berbatu. Jadi sangat tidak rekomen buat mobil sedan, apalagi yang pendek-pendek ceper…pasti bakalan nyangkut. Perjalanan turunan itu sekitar 1,5 Km dan kita langsung temui lahan parkir yang cukup luas.

pintu_air_terjun

air_terjun_sentul

Paling ideal waktu berkunjung kesini adalah pagi hari, jadi udara masih sejuk dan kadang berkabut. Tidak jauh dari tempat parkir, kita jalan menuju loket pemeriksaan karcis, dan langsung bisa melihat indahnya pemandangan air terjun dengan sekeliling hutan yang masih alami.

airterjun_sentul

Begitu menuruni tangga, di sebelah kanan kiri dan depan ada beberapa tempat makan, jadi jangan takut kelaperan di Air Terjun Paradise…karena banyak jajanan…heheee

sentul_paradise

Pengaturan tata ruang di Air Terjun Sentul ini sangat bagus lho, smeua tertata rapih….kita langsung bisa lihat panorama air terjun dari ketinggian dan melihat semua fasilitas yang ada di Air Terjun Sentul Paradise. Ada saung-saung, kolam besar, kolam kecil, restoran, musholla….gak sabar ingin turun kebawah dan langsung menuju air terjun rasanya.

air_terjun-sentul

Untuk turun ke arah kolam dan air terjun ada 2 arah, bisa melewati jalan datar atau melewati susunan tangga yang menurun. Kalau yang suka tantangan, pasti milih jalan tangga hehee.

sentul_airterjun

Ternyata banyak juga fasilitas yang ditawarkan untuk hiburan, selain berenang kita juga bisa menyewa perahu kecil dan ban untuk berenang di kolam yang airnya dingin. Anak-anak pasti suka. Kondisi sekeliling kolam renang ternyata pasir, bukan tanah atau rumput…jadi berkesan bermain di tepi pantai walaupun di daerah pegunungan.
Ada kolam yg kecil dan dangkal untuk bermain balita, airnya langsung dari mata air lho.

kolam_mata_air

peraturan_air_terjun_sentul

Flying Fox Rp. 25.000/ org | Bola Air Rp. 15.000/ org | Ban Renang Single Rp. 15.000/ 2 jam | Ban Renang Double Rp. 20.000/ 2 jam | Saung Bambu Rp. 50.000/ 2 jam | Saung Paranet Rp. 30.000/ 2 jam | Terapi Ikan Rp. 10.000/ jam | Perahu Rp. 20.000/ 30 menit
Flying Fox Rp. 25.000/ org | Bola Air Rp. 15.000/ org | Ban Renang Single Rp. 15.000/ 2 jam | Ban Renang Double Rp. 20.000/ 2 jam | Saung Bambu Rp. 50.000/ 2 jam | Saung Paranet Rp. 30.000/ 2 jam | Terapi Ikan Rp. 10.000/ jam | Perahu Rp. 20.000/ 30 menit

perahu_air_terjun_sentul

Untuk para orang tua yang tidak ingin menyewa saung, bisa juga menunggu anak-anak bermain di restoran sambil meminum juss atau makan cemilan. Ukuran restorannya cukup luas dan muat orang banyak. Di belakang restoran terdapat 2 toliet.

restoran_sentul_paradise

Untuk melihat ke Air Terjunnya bisa melalui kolam renang atau lewat jembatan dari arah tangga di depan. Begitu kita sampai di Air Terjun…wah baguuss banget, kita cukup aman untuk bisa mendi di bawah Air Terjun. Tingginya pancuran air menjadi sensasi tersendiri buat para pangunjung. Ohya ada plang pengunumam dilarang mandi di sekitar air terjun jika terjadi hujan, mungkin khawatir ada kiriman air dari hulu yang mendadak ya.

airterjun

air_terjun_sentul_paradise

seru ya…..kitang langsung jalan mundur menuju Air Terjuannya nih

sentul-airterjun

Ternyata airnya segarrr dan dingin, apalagi angin di sekitar Air Terjun sangat kencang….membikin badan bisa menggigil. Selesai dari bermain air terjun, kita balik lagi ke kolam untuk mencoba perosotan.

perosotan_airterjun_sentul

Tidak terasa, sudah 1,5 jam kita bermain air….berarti waktunya kita berbilas. Tempat bilas di Air Terjun Sentul Paradise ini sangat unik. Jadi hanya disediakan potongan bambu yang cukup panjang, kemusian ditancapkan ke tanah. Air tanah yang kengalir deras ternyata cukup membuat air bisa meloncat dari potongan bambunya. Kreatif sekali

Tempat bilasnya hanya ada 4 ruangan, tiap orang dikenakan biaya @p. 2.000
Tempat bilasnya hanya ada 4 ruangan, tiap orang dikenakan biaya @p. 2.000

Oke sahabat TARAKAisME, semoga liputann kita ke Air Terjun Sentul Paradise ini bisa berguna buat kita semua.

sentul-air-terjun

Tetap pelihara kebersihan dan kunjungi tempat Wisata Indonesia !!!

Comments are closed.