Berkemah di Ranca Upas Ciwidey

Serunya berlibur dan berkemah di Ranca Upas, Ciwidey Bandung Selatan.
Menurut kita, liburan ke Ranca Upas adalah pilihan yang tepat dan sangat menyenangkan.
Beberapa kelebihan piknik ke Ranca Upas menurut TARAKAisME :

  • Tidak terlalu jauh dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan sekitarnya
  • Akses cepat dari tol Bandung, bisa keluar Cimahi atau Kopo.
  • Pemandangan yang sangat bagus selama perjalanan
  • Suhu udara yang dingin dan segar selama di Ranca Upas
  • Banyak kegiatan yang bisa dilakuakn di Ranca Upas
  • Fasilitas yang bagus di lokasi Ranca Upas
  • Dan yang paling penting adalah…MURAH

Gak sabar ingin tau detailnya?….ikuti dengan seksama ya…
Kita berangkat menuju Bandung melewati tol Purbaleunyi, kebetulan kita berangkat pagi hari, dengan tujuan agar kita bisa bermain-main dahulu ketika tiba di Ranca Upas. Untuk menuju Ciwidey kita bisa keluar di dua tempat, yaitu melalui exit tol Cimahi atau melalui exit tol Kopo.

Kali ini kita memilih exit tol Cimahi, setelah bayar tol, kite belok kanan, nanti diasa ada petunjuk arah menuju Ciwidey. Atau bisa juga mengikuti angkot hijau dengan jurusan Cimahi – Ciwidey. Menurut kita exit Cimahi ini relatif tidak macet, tapi memang jalannya tidak selebar Kopo.

Pintu masuk Ranca Upas Ciwidey
Pintu masuk Ranca Upas Ciwidey

Arah menuju Ranca Upas cukup ramai, banyak restaurant, pom bensin, mini mart,perkebunan strawberry, pemandian air panas, dan tempat wisata Kawah Putih.

Kurang lebih 1,5 jam kita tiba di Bumi Pekemahan Ranca Upas.
Untuk masuk ke Bumi Perkemahan Ranca Upas HTM nya adalah sebagai berikut :
Orang : RP. 10.000 (weekend) Rp. 5.000 (weekday)
Kendaraan roda 4 : Rp. 5.000
Kendaraan roda 2 : Rp. 2.000
Murah banget kan

Denagn fasilitas :
Camping Ground, Waterboom (Rp. 10.000/org.), Pemandian Air Panas (Rp. 3.500/org.), Penangkaran Rusa, Pondokan, Wahana Outbound, Mussola dan Toilet umum, Warung dagangan.

Setelah masuk sebelah kanan kita akan melihat beberapa lokasi tempat buka tenda, mushalla, tolet umum, dan sebelah kiri akan terlihat tempat outbound, water bom, dan tempat penangkaran rusa. Untuk Outbound dan water bom adalah tempat rekreasi baru yang baru diresmikan bulan Februari 2012 lalu, jadi kondisinya masih bagus banget dan terawat.

Lokasi Perkemahan
Lokasi Perkemahan

Buat TARAKAers yang ada rencana menginap di tenda, kita ada sedikit info nih
Di Bumi Perkemahan Ranca Upas itu terdapat beberapa warung yang buka 24 jam pada waktu weekend, dan buka sampai jam 12 malem pada saat week days. Ternyata warung-warung ini selain menyediakan toliet, mie instant, kopi, susu, teh, makanan ringan, nasi goreng, kupluk, sarung tangan, senter, baterai, kaos kaki, dan beberapa perlengkapan umum dan berkemah lainnya…ternyata juga menyediakan tenda berbagai ukuran lho.¬† Ini hasil obrolan ibucantik.net dengan ibu Neni, seorang pemilik warung Flamboyan (warung nomer 4) di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Suasana warung di Ranca Upas Ciwidey

Harga Sewa/ hari :
Sleeping bag : Rp. 25.000
Tenda dome (muat 4 orang) : Rp. 70.000
Tenda sedang (muat 10 orang) : Rp. 300.000
Tenda Pleton sedang (muat 20 orang) : Rp. 240.000
Tenda Pleton besar (muat 50 orang) : Rp. 400.000
Petromax : Rp. 40.000
Kayu Bakar : Rp. 15.000/ iket
Bahkan ibu Neni ini bisa menyediakan catering lho…wiihhh manteb banget kan.
Untuk lebih jelasnya rekan-rekan ibucantik.net bisa telponan langsung aja ya ke Ibu Neni di 081394441550
* harga diatas tahun 2012

Karena kita berjumlah 5 orang, 2 dewasa dan 3 krucil…jadinya kita menyewa tenda dome yang Rp. 70.000. Posisi tenda kita yang menentukan sendiri, nanti mereka yang mendirikan tenda. Kebetulan kita memilih posisi tenda di samping mobil tempat parkiran bawah dekat dengan kali kecil.

rancaupas_bandung

Setelah tenda sukses berdiri, dan menjelang sore…udara dingin dan kabut sudah mulai turun…wah benar-benar indah banget.
Anak-anak sudah sibuk masing-masing, ada yang main di sungai, ada yang main bola, ada juga yang mengatur kayu bakar.

kemah_ciwidey

Sebelum gelap kita mencoba melihat penangkaran rusa yang sangat bagus dan menarik. Ternyata di sisi atas sudah disediakan satu kantong plastik wortel seharga Rp. 5.000 untuk kita memberi makan rusa. Uniknya di plastik tersebut tidak ada satupun orang yang menjaga, jadi kita harus sadar untuk membayar Rp. 5.000 dan dimasukkan ke dalam kotak. Setelah bayar, kita turun kebawah, dan kita diperbolehkan untuk masuk ke kandang, maka otomatis rusa-rusa itu akan datang mendekat ke kita untuk meminta makan. Pokoknya pasti seru banget deh, dijamin

Suasana Penangkaran Rusa di Ranca Upas Ciwidey Bandung Selatan

Suasana Penangkaran Rusa di Ranca Upas Ciwidey Bandung Selatan

Karena suhu disini kalau pagi hari (sekitar jam 01 – 05 pagi) cukup dingin, mungkin sekitar 10 – 15 derajat…jadi sangat disarankan anak-anak menggunakan kupluk, jaket, dan kaos kaki. Jam 9 malem pun kita semua sudah masuk tenda dome, walaupun sempit tapi justru sempitnya tempat membikin suasana hangat, seru banget kan (di Jakarta gak mungkin kita menuin yang model gini¬† )
Jam 7 malem turun hujan cukup deras, begitu kita intip rumput sekitar, terdapat beberapa genangan air
Alhamdulillah jam 8 hujan reda, akhirnya kita bisa tidur dengan nyenyak. Begitu Shubuh, kita keluar tenda…dan benar, suhu udara jam 5 pagi sangat dingin sampai menusuk ke badan. Kita minum teh hangat di warung, sampai akhirnya kita mendapat info bahwa…bersyukur hujan semalem cuma sebentar, karena bila hujannya lama, maka air yang di kali biasanya meluap, hingga membanjiri lapangan parkir yang sangat luas…waduh !

kemah_rancaupas

Jadi, lokasi kemah yang ideal itu terletak di atas, dekat dengan musholla. Karena bila hujan dan banjir, dijamin tenda di lokasi deket mushalla tidak akan kebanjiran

Suasana berkemah di Ranca Upas Ciwidey

Yang gak kalah bagus adalah melihat matahari terbit, Subhanallah….indah sekali, ketika cahaya matahari muncul yang terlihat di balik bukit.

Matahari terbit di Ranca Upas Ciwidey

Menjelang jam 8 pagi kita mencoba waterbom, hanya dengan membayar uang masuk Rp. 10.000/ orang, maka kita sudah bisa berenang air panas di waterbom Ciwidey, kondisi koloam yang sangat bersih, fasilitas tempat duduk, tempat ganti dan bilas juga sangat bersih. Sepertinya Rp. 10.000 (harga promosi) sangat murah untuk kita menikmati berenang air hanget dengan suhu yang dingin dan pemandangan yang sangat indah.

Suasana Waterbom Ranca Upas Ciwidey
Suasana Waterbom Ranca Upas Ciwidey

Gak puas dengan waterbom ? Kita bisa mencoba outbound yang terletak di sebelah water bom Ciwidey. Hanya dengan Rp. 10.000/ permainan, maka kita sudah bisa melatih adrenalin kita untuk melewati rintangan. Disini ada 3 permainan, masing-masing Rp. 10.000. Bila kita membeli paket mencoba ketiganya hanya membayar Rp. 25.000. Cukup murah kan ?

Suasana Outbound di Ranca Upas Ciwidey
Suasana Outbound di Ranca Upas Ciwidey

Ayoo ajak keluarga kita berlibur dengan berkemah di Ciwidey Bandung Selatan, Jawa Barat. DIJAMIN SERUUUU dan BERKESAN

rancaupas_ciwidey

Jangan lupa bawa : perlengkapan sholat, autan, peralatan masak portable (kalau ingin masak sendiri), bahan-bahan buat dimasak, cemilan, senter, pisau serba guna, obat-obatan, kupluk, sarung tangan, kaos kaki

Disarankan : bawa uang cash (ATM sangat jauh), keluar tol Kopo/ Cimahi sebelum jam 10 pagi (bila weekend, menghindari macet)

Jangan dilakukan : buang sampah sembarangan

*semua foto-foto ini milik pribadi TARAKAisME
Terima kasih kepada www.exoticindonesiatour.com

Comments are closed.