Comic Artist | Illustrator | Designer – Anak Bangsa Berprestasi

Masih terkagum-kagum dengan komik Internasional yang ternyata beberapa komik tersebut penggambarnya orang Indonesia Asli…hebat ya
Kali ini TARAKAisME ingin berbagi cerita tentang ARIO ANINDITOIntellectual: Art Direction, Design, Concepting, Visual Art, Fine ArtPhysical: Drawing, Illustration, Sculpting  … woohooo, hebat bener ya…multi talenta yang pasti.

ario_komikus

Setelah kita berbincang di Booth Toys Fair 2014 kemarin, ternyata Ario ini sangat ramah sekali dan bersemangat saat menerangkan tentang hal-hal yang berhubungan dengan komik. Pria lajang umur 30 tahun yang bercita-cita ingin menjadi seperti tokoh Indiana Jones yang terlihat gagah dan petualang sejati….tetapi cita-cita itu pupus, pada saat Ario menyadari dirinya takut akan ketinggian 😀

ario_comic

Setelah menyadari dirinya kurang pas menjadi petualang, akhirnya Ario Aninditomengasah kemampuan menggambarnya dengan menyelesaikan kuliah di Arsitektur UNPAR Bandung. Tetapi karena hasrat yang begitu besar terhadap komik, Ario tetap aktif dalam emngikuti beberapa sayembara menggambar komik skala Nasional dan Internasional.

ikut dalam "Singapore Toy, Games & Comic Convention 2012"
ikut dalam “Singapore Toy, Games & Comic Convention 2012”

Salah satu prestasi di Internasional adalah ketika 2 gambar yang dikirim ke Majalah Preview (majalah katalog komik terbitan Amerika) mendapat gelar “STAR ARTIST OF THE MONTH” selama 2 kali. … hebat ya !

ario_seniman

Pada tahun 2006 Ario mendapat tawaran untuk menjadi “Chief illustrator, main penciller” di Komik SPARX,  Komik terbitan Bandung. Disana Ario menciptakakan karakter “Nadya”, dan banyak sekali penggemar Komik di Indonesia suka dengan karakter ciptaan Ario Anindito ini. Sampai pada September 2009, Majalah Hai meminta agak tokoh Nadya ini dijadikan Cover Majalah Hai.

ario_majalah_hai

Bahkan komikus asal Inggris, Bria Bolland pun memuji karya Ario ” British comics artist Brian Bolland complimented Aryo Anindito’s work “Nadya and the Painkillers,” saying the drawings were of good quality”

nadia
nadia_ario

Tahun 2008 Ario ditawarkan menjadi Concept Artist (semacam pembuat story board) untuk Film DRUPADI,  film drama musikal pendek Indonesiayang mengangkat kisah Drupadi dengan seting Jawa klasik. Film produksi SinemArt Pictures ini disutradarai oleh Riri Riza dengan banyak aktor terkenal, antara lain Dian Sastrowardoyo sebagai Drupadi dan Nicholas Saputra sebagai Arjuna. Saat Film ini diputar di JiFFest, Drupadi berhasil menjual seluruh tiketnya dan mendapatkan animo baik dari penonton.

drupadi_ario

Sukses sebagai Concept Artist, ternyata Ario juga sukses menjadi Art Director untuk beberapa TVC di Indonesia,  salah satunya bahkan mendapatkan GOLD dalam ajang Citra Pariwara 2011 dalam kategori animasi terbaik … HEBAATT !!!

Yang luar biasa adalah, pada saat menggarap TVC tersebut, Aria juga merangkap sebagai Art Director untuk film “Finding Srimulat”, dimana tanggung jawab terhadap semua properti dan konsep artistik di film tersebut. Jerih payah yang totalitas membuahkan hasil, dimana Film FInding Srimulat mendapat penghargaan sebagai 5 besar nominasi Tata Artistik terbaik di Piala Maya 2013.

ario_finding_srimulat

Untuk urusan komik, sepak terjang Ario Anindito udah gak usah diragukan lagi…tahun 2012 – 2013 Ario menjadi Penciller Art di DC Comics, yaitu pada Komik “Red Hood and the Outlaws”.

redhoodandtheoultlaws

Kegiatan Ario saat ini selain sebagai Art Teacher di skillshare.com beliau juga sedang sibuk sebagai character design dalam film “The Night Comes For Us”

the_night_comes_from_us

Untuk berkenalan dengan Ario Anindito , silahkan mampir ke : daportofolio | devianart | facebook | twitter | instagram | online store
Suksesss buat Ario Anindito ! SALUTE untuk ANDA

Semoga liputan PROFILE dalam TARAKAisME ini bisa menjadi inspirasi buat kita semua. AYO MAJU ANAK INDONESIA, TERUS BERKARYA !!!

Comments are closed.