Klenteng Kong Miao Taman Mini Indonesia Indah

Klenteng adalah rumah ibadah bagi pemeluk agama konghucu. Salah satu Klenteng yang menarik untuk dikunjungi adalah Klenteng Kong Miao yang terletak di dalam Komplek taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Letaknya persis di belakang Theater Imax Keong Mas.

klenteng_kongmiao

Klenteng Kong Miao adalah rumah ibadah terbaru yang dibangun di Komplek TMII melengkapi rumah ibadah lainnya yang sudah terlebih dahulu seperti masjid, gereja, pura dan wihara. Klenteng Kong Miao diresmikan pada tanggal 23 Desember 2010 sesaat setelah agama Konghucu “diresmikan” di Indonesia meski keberadaannya sudah lama.

klenteng_tamanmini

Siang itu kami berkesempatan mengunjungi Klenteng Kong Miao. Bangunannya termasuk megah didominasi fengan warna merah lengkap dengan ornamen khas klenteng pada umumnya. Di depan pintu gerbang berjejer patung-patung dan juga sepasang naga besar yang di pagar sebelah kanan dan kiri pintu gerbang. Bangunannya sendiri terdiri dari 3
bangunan bangunan utama tampak dari yang paling besar berada di tengah berbentuk persegi.

jakarta-klenteng

Ruamgan didalam di gunakan untuk sembahyang. Bamgunan kedua berbentuk bundar dengan atap bertingkat sedangkan di sebelah kanan ada bangungn lagi berbentuk bujursangkar dengan atap khas klenteng berhias sepasang naga lagi di kedua ujungnya.

jakarta_klenteng

Seluruh sisi bangunan bisa dijelajahi kecuali kantor yang berada di lantai bawah dan ruang sembahyang tentunya. Namun lewat pintu besar yang terbuka lebar kami sudah bisa melihat kedalam ruamg sembahyang yang tampak gelap dengan wangi dupa yang mulai tercium.

klenteng_jakarta

Cukuplah mengagumi keelokan Klenteng Kong Miao yang penuh dengan ukiran dan detil yang cantik ditiap sudutnya dari luar yang tentunya menjadi kebanggaan umat Konghucu di Indonesia.

Untuk melihat Klenteng Kong Miao ini kita cukup membayar biaya masuk Taman Mini Indonesia Indah sebesar Rp. 10.000/ orang dan kendaraan roda 4 Rp. 10.000 / sekali masuk.

Comments are closed.