Liburan Seru di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Liburan seru lagi yuuk, kali ini kami liburan lokal ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jawa Barat … Ceritanya lebih mendekat ke alam.
Taman Nasional Gunung Halimun Salak menjadi pilihan tujuan kami menghabiskan libur longweekend sekaligus keluar sejenak dari rutinitas, kemacetan, kesemrawutan dan polusi Jakarta.

02-gunung_halimun

Sabtu pagi 21 jan 2012, dengan 3 Land Rover kami berangkat dari jakarta menuju Sukabumi. Rombongan semuanya terdiri dari 10 dewasa dan 5 anak. Peserta termuda umurnya baru 2,5th lhoo ๐Ÿ™‚ Rute yang kami tempuh melalui Parung, terus ke arah Leuwi Liang – Jasinga. Melewati pasar dan keramaiannya membuat kami sedikit tersedat , Alhamdulillah keluar dari kemacetan pasar jalanan mulai lancar dan mulai menanjak. Pukul 10 kami sudah disuguhi pemandangan yang menyejukan mata. Pohon pohon hijau mulai nampak di kanan kiri . Udara sejuk mulai menyapa membuat lupa dengan mobil yang sama sekali tidak ada AC nya ini ๐Ÿ˜›

03-halimun_salak

Sebelum memasuki gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak, kami berhenti sejenak di warung untuk sekedar rebahan, minum teh, dan membeli beberapa perlengkapan buat menginap di atas.

04-liburan_lokal

Setelah sekitar 15 menit istirahat, kita melanjutkan perjalanan. Dan ternyata sekitar 20 menit kita tiba di gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak ๐Ÿ™‚

05-gunung_salak

Setelah memasuki gerbang, kita menemukan sedikit kendala…salah satu Land Rover teman kita masuk ke parit. Alhamdulillah dapat kita atasi.

Lunch di tengah kebun Teh Nirmala, sensasi pertama
Menjelang siang, kami sudah sampai di perkebunan teh Nirmala. Kami berhenti sejenak di tengah hamparan pohon teh yang seperti karpet warna hijau, sejuk sekali. Istirahat sebentar mengingat anak anak sudah waktunya makan siang. Eh kami juga harus makan ๐Ÿ˜‰

06-kebun_teh_nirmala_halimun

Sensasi pertama, makan siang ditengah hamparan kebun Teh Nirmala benar benar menjadi pengalaman luar biasa …

07-halimun_gunung

Selesai urusan perut perjalanan dilanjutkan, kali ini melewati jalan berbatu terjal masih dengan disuguhi pemandangan hijau di kanan kiri depan belakang. Kami masih harus melintas hutan lagi.

09-halimun

Sebelum masuk ke TNGHS kami mampir sebentar di warung terakhir yang kami jumpai untuk membeli tambahan logistik dan air mineral.ย Karena kami berencana akan bermalam disana.

08-salak_gunung

Warung ini lumayan komplit segala keperluan yang kami butuhkan ada. Mulai dari mi instan , kopi, gula sampai air mineral. Ibu penjaga warung menyebut sebuah merk ternama untuk menyebut air mineral botolan yang bahkan baru pertama kami kenal merknya itu. Hebat yaa ๐Ÿ˜‰

Tidur di mobil di hutan Gunung Halimun Salak, sensasi ke 2
Sekitar pukul 3 siang, kami sampai di tempat tujuan, Research Station Cikaniki. Di sinilah kami akan bermalam.

10-kemah_halimun

Dahulu kantor ini juga berfungsi sebagai guest house. berhubung guest house sudah tidak disewakan lagi jadi kami akan tidur di mobil —> sempurnaa !
sesuai rencana jadi sleeping bag yang memang sudah disiapkan dari jakarta tidak mubazir ๐Ÿ˜‰

11-halimun_kemah

Malam ini kami tidur di mobil di hutan Gunung Halimun . Ditemani suara gemericik air dari sungai dibawah sana, dan suara angin berdesis desis meniup daun daun di pohon pohon tinggi di atas sana . Dan suara suara binatang malam entah binatang apa yang terdengar . pokoknya seerrruuu…..

12-piknik_halimun

Pukul 5 pagi , dari sela sela rimbunan dedaunan pohon tinggi langit mulai nampak terang. Burung burung mulai mencicit,bajing bajing nampak berloncatan dari pohon ke pohon.

13-kemah_gunung_salak

Ada beberapa burung dengan bulu hitam legam dan paruh mungil berwarna kuning mendekat , meloncat loncat di antara ban ban mobil. Lucu sekali, sayang ga sempet ke foto. Apa ini nama burungnya ?? Anyone ??

Menyusuri hutan TNGHS, Canopy Trail

kegiatan hari ini, kami akan treking menyusuri hutan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

14-loop_trail_halimun

Sebenarnya kami berharap bisa naik ke Canopy Trail, Jembatan gantung sepanjang 100M dengan ketinggian 20-25m. diatas pasti pemandangannya lebih amazing.

15-canopy_trail_cikaniki_halim

Sayang sekali Canopy Trail ditutup Karena alasan keamanan.ย Canopy Trail yang dibangun tahun 1998 merupakan bantuan pemerintah Jepang untuk keperluan penelitian itu menjadi terlantar. Sayaaaanng sekali yaa

16-hutan_halimun

Baiklah Perjalanan diteruskan , melintasi tanah gembur , pohon pohon tinggi besar, menyebrang sungai,bertemu sumber mata air pegunungan yg segaarr, diselingi suara suara burung dan suara air di sungai dibawah sana.

17-salak_halimun

Hutan ini begitu subur dan lebat. Anak anak yang berjalan di depan kemudian beruntung mereka sempat melihat penampakan beberapa owa (atau lutung ? ) satu diantaranya mengendong bayi owa (atau lutung?).

18-halimun_hutan

Namanya juga anak anak langsung aja berteriak teriak kegirangan dan efeknya rombongan hewan itupun buru buru kabur menghilang bergelayutan diantara pepohonan. Tinggallah kami yg menyusul di belakang hanya mendengar ceritanya :-I

19-halimun_jawa_barat

Setelah sekitar 2 jam berjalan kaki akhirnya kami keluar dari hutan, tampak persawahan penduduk yang berdekatan dengan pemukiman hanya di batasi dengan sungai kecil.

20-sungai_halimun

Saking senangnya sebelum menyebrang , kami sempetin nyemplung sebentar menikmati segarnya air sungai yg jernih. Anak anak langsung sibuk main main di sungai.

21-gunung_halimun_salak

Hanya sebentar main di sungai karena perjalanan masih jauh, ternyataaa …:D
Untuk menuju ke seberang, ada Jembatan bambu yang bisa di gunakan . Kondisinya sudah nampak reyot sekali. Ada beberapa bagian yang mulai terlepas.kami harus berhati hati untuk bisa sampai ke seberang. Tapi ternyata tidak bagi penduduk situ, asiik aja mereka nyebrangnya ๐Ÿ˜€
Disebrang sungai nampak beberapa rumah penduduk. kebanyakan mereka bekerja sebagai pemetik daun teh. Hanya ada beberapa rumah disini dan kabarnya bisa di sewa kepada pendatang yg mau menginap.

22-hiking_halimun

Perjalanan berlanjut, Kami masih harus melintas perkebunan Teh Nirmala untuk bisa sampai ke tempat parkiran mobil kami. Matahari sudah diatas kepala, untungnya tidak begitu menyengat udara masih tetap sejuk dengan angin semilir .Hamparan pohon teh sepanjang mata memandang sungguh menjadi lukisan paling indah .
Anak anak masih bersemangat berjalan sama sekali tak mengeluh . Malah raut wajah mereka masih cerah. Jalan berbatu naik turun berkelok membentang di antara pohon pohon teh sepanjang 1,8 km. Artinya masih sekitar 1,8 km lagi mereka berjalan untuk sampai ke tempat parkir mobil. Sesekali mereka berlari ke atas bukit kecil dari sana bisa keliatan hamparan hijau pohon teh. Anak anak yang hebat, so proud of you kids

23-hiking_gunung_halimun

Sekitar pukul 1 seluruh rombongan sudah berkumpul kembali di Reseach Station Cikaniki.

24-gunung_salak_halimun

Cukup waktu untuk beristirahat sebentar karena kami harus mulai beres beres dan bersiap untuk kembali ke jakarta. Dadaah halimun …

liburan_lokal_halimun

angan lupa bawaย : perlengkapan sholat + kompas kiblat, autan, peralatan masak portable, bahan-bahan buat dimasak, cemilan, senter, batre, pisau serba guna, obat-obatan

Disarankanย : bensin kendaraan diisi penuh di kota Bogor, bawa uang cash, jangan mengunakan mobil sedan

Jangan dilakukan
ย : buang sampah sembarangan, merokok

*semua foto-foto ini milik pribadi TARAKAisMe, terima kasih buat www.exoticindonesiatour.com

Comments are closed.