Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari

Tahukah Anda bahwa begitu banyak manfaat kita meminum air lemon di pagi hari ?

Ada yang meminumnya langsung dari perasan, ada juga yang dicampur dengan air agar tidak terlalu asam.
Sebenarnya apa sih manfaat minum air lemon setiap pagi? Benarkah ada manfaatnya atau sekedar mitos belaka?

air_lemon

Inilah 10 manfaat mengonsumsi perasan air lemon setiap pagi.

  • Membantu Proses Pencernaan

    Air lemon yang diminum dengan air hangat akan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, air lemon akan membantu memperbaiki fungsi hati, sehingga proses pencernaan makanan lebih baik dan lebih sehat. Lemon juga membantu merangsang asam yang diperlukan dalam pencernaan. Jus lemon secara tradisional mendukung asam klorida dalam perut membantu melancarkan pencernaan. Vitamin C juga membantu penurunan risiko tukak lambung disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

  • Menambah Kekebalan Tubuh

    Buah lemon sangat tinggi kandungan vitamin C dan asam askorbat. Vitamin C dapat membantu mengurangi pilek dan asam askorbat membantu penyerapan zat besi yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Lemon mengandung banyak antioksidan vitamin C, yang berperan mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat yang dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan. Asam askorbat sama seperti vitamin C yang ditemukan dalam lemon memiliki efek anti inflamasi dan digunakan sebagai dukungan tambahan bagi asma atau gejala pernapasan lain. Lemon juga mengandung saponin yang bersifat antimikroba. Last but not least, asam askorbat memicu penyerapan zat besi dalam tubuh, zat besi memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

  • Membantu Keseimbangan pH Tubuh

    Apa yang Anda makan akan mempengarushi keseimbangan pH atau tingkat keasaman i dalam tubuh. Ketikdakseimbangan pH dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Sedangkan konsumsi air lemon dapat membantu menyeimbangkan lagi pH tubuh, terlebih lagi jika sering makan daging, keju atau minum alkohol.

  • Membantu Detox

    Air lemon bersifat diuretik secara alami, yang artinya dapat membantu tubuh mengeluarkan racun bersama dengan urin atau kotoran sisa pencernaan. Asam sitrat juga dapat membantu memaksimalkan enzim yang dihasilkan hati. Asam askorbat yang dikenal sebagai vitamin C, ditemukan dalam lemon yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan merupakan nutrisi penting dalam pemeliharaan jaringan ikat, tulang dan tulang rawan yang sehat. Seperti disebutkan di atas, vitamin C juga memiliki efek anti inflamasi. Singkatnya, vitamin C merupakan nutrisi penting dalam pemeliharaan kesehatan yang baik dan pemulihan dari stres dan cedera.

  • Membuat Tubuh Lebih Berenergi

    Minum kopi di pagi hari memang bisa membuat tubuh berenergi, namun air lemon memberikan manfaat yang lebih baik. Orang yang sudah mengonsumsi air lemon pada akhirnya lebih memilih air lemon untuk membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

  • Membuat Kulit Tetap Cantik

     Dehidrasi bisa membuat kulit kering dan kusam. Maka bantu kulit menjadi lebih cantik dengan mengonsumsi air lemon secara teratur. Vitamin C yang ada dalam lemon memainkan peranan penting menjaga kesehatan kulit dan berperan sebagai antioksidan untuk mengurangi penuaan. Vitamin C dan seluruh antioksidan dalam lemon memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan akibat radikal bebas terutama disebabkan oleh paparan UV atau racun lingkungan. Radikal bebas memengaruhi sebagian besar gejala penuaan. Asupan antioksidan dapat membantu mengimbangi kerusakan ini dan meminimalisir keriput. Selain itu, jus lemon dapat dioleskan pada bintik-bintik noda tanda penuaan dan bekas luka untuk mengurangi bekasnya.

    Membantu dalam penurunan berat badan

    Terlalu banyak racun dan produk limbah dalam hati akan meiliki efek pada metabolisme tubuh yang akan menimbulkan tingginya lemak di tubuh. Air lemon dapat membantu hati dalam menghilangkan semua produk limbah juga meiningkatkan lemak tubuh namun lemon harus didukung oleh diet yang tepat dan aktivitas fisik.

    Membantu masalah pernapasan

    Air lemon dikenal untuk mengobati infeksi di dada dan menghentikan batuk ringan, lemon juga dikenal sebagai pengobatan terbaik untuk orang yang menderita asma dan alergi. Lemon juga dapat mengatasi bau mulut dan sakit gigi bersama radang gusi yang dikarenakan tingkat asam sitrat yang tinggi yang mana bila terus meningkat akan menyebabkan kerusakan pada email gigi.

    Pembersihan hati

    Hati adalah organ utama untuk proses detoksifikasi, memproduksi protein dan biokimia yang berperan untuk pencernaan tubuh yang baik. Telah ditemukan bahwa air lemon membantu hati untuk melakukan semua kegiatannya lebih efektif, karna meningkatkan jumlah enzim yang mendetoksifikasi hati, terlepas dari lemon yang dikenal sebagai diuretik yang membantu dalam meningkatkan tingkat dimana buang air kecil terjadi yang dapat memurnikan tubuh.

    Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

    Sel-sel kanker diketahui berkembang biak didalam asam tubuh tapi bahkan setiap tubuh manusia dikenal untuk bekerja lebih baik jika terdapat kandungan alkali yang tinggi. Lemon, dikenal sebagai buah yang asam dan juga sebagai penghasil alkali saat diserap oleh tubuh manusia juga akan mengurangi tingkat keasaman. Walaupun sangat sedikit orang yang tahu bahwa tubuh mereka mengandung asam karena makanan yang dikonsumsi dan benda luar yang tersentuh oleh kulit, namun hal ini dapat dikalahkan oleh air lemon yang akan mengurangi tingkat pH.

Apakah Anda sudah mendapat manfaat dari minum air lemon setiap pagi?

Disadur dari beberapa sumber : Facebook, Republika

Comments are closed.