Merapi Jip Wisata Volcano Tour

Halo sahabat TARAKAisMe, ada yang rencana liburan ke Jogya ?
Jangan lupa cobain serunya Merapi Volcano Tour menggunakan mobil jip….dijamin seruuu.
Yuuk lihat perjalanan kita keliling menggunakan Jip di sekitar Merapi.

Bila kita mau ke Merapi dari arah Kota Jogya, kita harus ke arah Utara…perlu kita ketahui, orang Jogya itu lebih fasih memberi tahu ancer-ancer dengan arah Timur, Selatan, Barat, dan Utara. Untuk gampangnya, Utara itu adalah Gunung Merapi, dan arah Selatan itu adalah Keraton Jogya. Bila kita lagi di posisi Keraton, silahkan ke arah atasnya, atau ke arah Malioboro terus saja sampai ketemu arah Ringroad dan cari jalan Kaliurang. Jalan Kaliurang itu untuk gampangnya adalah lurusan dan kampus UGM. Nah setelah masuk jalan Kaliurang melewati ringroad, anda tidak mungkin kesasar, karena hanya satu jalan menuju kesana.

Dari perempatan Jl Kaliurang silahkan naik saja sekitar 10 km, nanti disana ada beberapa petunjuk untuk menuju Volcano Tour.

01-jalan_merapi
Bila anda ingin ke Cangkringan atau ke Kinahreja silahkan belok kanan, tetapi bila ingin ke arah Kaliurang silahkan lurus keatas

Nah, untuk Volcano Tour menggunakan mobil Jip ini ada 3 tempat, yaitu di daerah :

Cangkringan (depan Golf Cangkringan, namanya Jip Wisata Merapi Golf) : Mobil disini kebanyakan type CJ-7 dan Land Cruiser.

02_basecamp_merapigolf
Pintu masuk pintu Jip Wisata Merapi Golf, depan Golf Cangakringan

Kinahrejo, ini salah satu tempat pangkalan Jip yang lumayan banyak, ada banyak jenis mobil Jip yang dipakai : Willys, Hardtop, Jimny, dan penyewaan motor Trail

Pintu masuk arah Kinahrejo

Kaliurang, di tempat ini ada beberapa jenis Jip, tetapi tempatnya terpisah-pisah. Jenis Jip yang digunakan ada Willys dan Land Rover.

Pintu masuk arah Kaliurang
Pintu masuk arah Kaliurang, ada bayar retribusi, karena masuk daerah wisata resmi

02_basecamp_kaliurang2
Jadi, sebelum kalian Volcano Tour, silahkan tentukan ingin menaiki jenis Jip yang mana, apakah Hardtop, Willys, Jimny, CJ-7, atau Land Rover.
Kenapa ini penting ? Karena bila anda ingin menaiki Jip Willys atau Jimny, silahkan ke Kinahrejo…..Tetapi bila anda ingin naik Land Rover, silahkan ke arah Kaliurang.
3 Tempat antara Cangkringan, Kinahrejo, dan Kaliurang lumayan berjauhan…jadi silahkan tentukan sebelum memulai petualangan di Merapi.

Mobil Willys
Mobil CJ-7
Mobil Land Rover, hanya ada di Kaliurang

Setelah memilih jenis mobil Jip, baru memilih jenis perjalanan :

Paket Pendek
Basecamp – Kali Opak – Dusun Petung – Kaliadem – Mini Museum – Batu Alien – Makam Masal/ Gumuk Bol
(estimasi perjalanan 1 – 1,5 jam, biaya Rp. 200.000 – Rp. 350.000)

Paket Medium
Basecamp – Kali Opak – Dusun Petung – Makam Alm. Mbah Marijan – Kali Gendol – Batu Alien – Kaliadem – Mini Museum – Makam Masal/ Gumuk Bol
(estimasi perjalanan 2 – 2,5 jam, biaya Rp. 250.000 – Rp. 400.000)

Paket Long
Basecamp – Kali Opak – Dusun Petung – Huntap – Malam Alm. Mbah Marijan – Bukit Glagahsari – Kali Gendol – Batu Alien – Kaliadem – Mini Museum – Makam Masal/ Gumuk Bol
(estimasi perjalanan 3 – 3,5 jam, biaya Rp. 400.000 – Rp. 600.000)

Paket Sunrise (perjalanan muali jam 4 pagi, harga nego)

Kita mencoba Paket Pendek, dengan harga Rp. 250.000, dan kita start dari Basecamp Merapi Golf.
Salah satu yang perlu diperhatikan adalah, jip harus ada canvas nya, ini untuk melindungi kita dari hujan yang tiba-tiba turun.
Mobil yang kita pilih adalah Jeep CJ-7 long, ini karena tempat duduk belakang yang cukup luas, sayangnya hampir semua mobil jip disini tidak dilengkapi dengan sabuk pengaman, jadi masing-masing orang harus menjaga diri dan pegangan masing-masing pada saat mobil jip berjalan di jalan batu.

03-jip-merapi

11_5nov2010_jumat_jam1205

12_MERAPI_MUSIUM

13_musium_merapi

Pos ketiga, melihat Bunker yang dipakai pada saat Erupsi Merapi, tatapi awan panas itu ternyata masuk dan orang yang berlindung di dalam bunker tidak ada yang selamat.

15_bunker_merapi

16_bunker_merapi

17_bunker_merapi

18_bunker_merapi

19_bunker_merapi

Pos Ke empat, melihat Batu Alien. Batu ini adalah batu yang terlempar dari Gunung Merapi yang letaknya cukup jauh dari Gunung Merapi, sekitar 12,5 Km.

22_merapi_batu_alien

24_merapi_batu_alien

25_merapi_batu_alien

23_merapi_batu_alien

Apakah kalian bisa melihat muka Alien bata foto batu diatas 🙂

Yang pasti, kalau ke Jogya jangan lupa untuk mengikuti Jip Wisata Volcano Tour…
Kita bisa banyak mendapatkan info dan bisa melihat langsung bagaimana dahsyatnya musibah yang menimpa saudara-saudara kita yang tinggal di sekitar Merapi…
Sebagai informasi, Merapi ini sudah mengalami erupsi sekitar 27 kali, yaitu tahun : 1006, 1587, 1658, 1822, 1872, 1883, 1891, 1894, 1896, 1909, 1915, 1922, 1930, 1940, 1942, 1948, 1954, 1960, 1972, 1984, 1986, 1992, 1994, 1998, 2001, 2006, dan 2010.

Dimana kita berpijak…bila Tuhan sudah berkehendak…”Kun Fayakun” terjadi, maka terjadilah…
Empat (4) Unsur bisa jadi bencana : Tanah – Api – Air – Angin

Dengan anda melihat bekas Sisa Erupsi Merapi….”maka” renungi / resapi Arti Hidup ini.