Mie Ongklok Longkrang Wonosobo

Apakah sahabat TARAKAers tau apa itu Mie Ongklok ?
Mie Ongklok adalah mie rebus khasl Wonosobo Jawa Tengah, mie rebus ini dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji yang disebut loh.  Mie ini banyak dijajakan di berbagai warung dan rumah makan di kota tersebut. Pendampingnya biasanya adalah sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.  Ongklok adalah semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mi. Penggunaan alat bantu ini khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mi rebus ini sesuai dengan alat tersebut.

mie_ongklok

Mau tau dimana tempat jual Mie Ongklok paling enak se Wonosobo ? Yuuk….kita simak liputan dari TARAKAisMe

Mie Ongklok paling enak di kota Wonosobo itu tepatnya Jalan Pasukan Ronggolawe No.14.  Lokasinya sangat mudah untuk dicapai. Bila kita menuruni jalan dari Dieng ke Wonosobo, ikuti saja jalan lurus, sampai nanti menemukan lampu merah per empatan, dimana kita tidak boleh lurus, jadi kita membelok ke kiri (ancer-ancernya sebelum lampu merah ada indomaret). Nah gak jauh dari belok kiri tersebut nanti kita akan melihat ada warung kecil dengan tulisan Mie Ongklok Longkrang di sebelah kanan jalan, nah parkirlah mobil anda di sebelah kiri, dan siap-siap merasakan enaknya sensasi Mie Ongklok + goreng tempe + segelas jeruk hangat….yummyyyy banget pastinya. Untuk harga jangan ditanya….cunma Rp. 5.000 kita sudah bisa mencicipi nikmatnya Mie Ongklok Longkrang, murah banget kan….kalau untuk lauknya sate sapi seharga Rp15.000 untuk 10 tusuk serta geblek dan tempe kemul yang per bijinya seharga Rp500 Ohya, kalau mau mencicipi Mie Ongklok Longkrang ini janagn terlalu siang, walaupun buka resmi dari jam 10.00 – 19.00 wib…tapi kalau hari libur  jam 2 siang juga sudah habis.

mie_longkrang

Sedikit sejarah Mie Ongklok (mie generasi pertama di Wonosobo)
Mie Ongklok pertama kali dibuka di Wonosobo pada tahun 1960 dijual dengan dipikul keliling kampung, pada tahun 1975 Bpl Samsudin berjualan Mie Ongklok di warung daerah Longkrang.  Nah, sampai sekarang yang berjualan Mie Ongklok Longkrang ini adalah anak dari Bpk Samsudin, yaitu mas Waluyo. Jadi, sudah pasti resepnya original turun menurun dari Bapaknya.

mieongklok_wonosobo

hemmm…..jadi laper nih Laughing

Comments are closed.