Syukey Guitar, Gitar Custom buatan Indonesia

Beruntung sekali TARAKAisME bisa bertemu dengan pemilik. sekaligus pendiri SYUKEY GUITAR, mas Dana Lizuana, pria kelahiran Tangerang 33 tahun yang lalu.
Ternyata Syukey Guitar ini benar-benar dirintis dari NOL, dimana berawal pada saat mas Dana mulai tertarik dengan gitar tahun 1998. Saat itu mas Dana tergabung dalam band alumni STM Penerbangan Angkasa di Bogor, tapi pria yang suka bermain drum ini oleh teman-temannya dipercaya untuk merawat alat-alat band, mulai dari menyiapkan, membersihkan dan merawat semua alat band. Sebagai penanggung jawab alat band, membikin mas Dana jatuh cinta kepada alat band yang bernama gitar.

dana_syukey

Kalau ditanya kenapa gitar…Mas Dana memberi alasan : “Ternyata gitar itu sangat detail dan bisa diupgrade sesuai selera dan kebutuhan masing-maring orang. Bisa ganti pick up, potensio, neck, model, head stock, modifikasi bentuk body…pokoknya asik, sudah mirip kita memodifikasi motor” kata beliau.

syukeygitar

gitar

Mulai tahun 2003, mas Dana mulai membikin studio musik DALIZA dan menerima service gitar teman-temannya bandnya. Karena masih awam dalam dunia gitar, maka untuk reparasi mas Dana dibantu oleh Luthier (pengrajin alat musik berdawai). Ternyata setelah bertemu dengan beberapa Luthier, mas Dana menemukan passionnya. Apalagi setelah bertemu dan diskusi dengan beberapa Luthier seperti : Mas Sangkan Wibowo, Pak Bone, Mas Nur Rachmat, dan Pak John Sulistiyo.

giutar_syukey

Tahun 2007 mas Dana sempat membantu Mas Sangkan Wibowo dalam membikin workshop gitar “Sakit Jiwa Gitar” di daerah Situ Gintung. Sampai akhirnya merasa mampu dan yakin membuka workshop gitar sendiri, thun 2009 mendirikan SYUKEY GUITAR. Nama yang cukup unik, dan ternyata SYUKEY diambil dari nama putra pertama dari mas Dana, yaitu singkatan dari “SYUkur dan KEY” yang artinya Kunci Syukur.

Proses pemotongan kayu
Proses pemotongan kayu

workshop_guitar

gitarsyukey

SYUKEY GITAR ini fokus pada Custom, Produksi, Service, Modifikasi, dan Perawatan Gitar. Tidak tanggung-tanggung, di SYUKEY GUITAR ini terdapat ruang produksi, mulai dari pemilihan bahan kayu, pemotogan kayu, pembentukan dan finishing kayu, pengecatan, pemilihan asesoris dampai detailing.

Sebagai informasi, ternyata pemilihan kayu itu sangat berpengaruh kepada bunyi dari gitar. Beberapa jenis kayu lokal yang banyk dipakai seperti : Mahogani, Ebony, Sungkai, Bengkirai, Mindi, dan Nangka. Syukey Guitar juga siap menyediakan kayu import seperti : Mapple, Ash, Alder, dll. Pokoknya disesuaikan dengan kebutuhan customer, kata mas Dana.

Untuk membikin gitar custom, biaya body, neck, dan paintingnya start di Rp. 3.500.000 (kondisi kosong tanpa asesoris). Syukey Guitar pernah membuat gitar custom + asesoris sampai Rp. 22.000.000 lho, dan hasil gitar custom Syukey ini sudah ada yang terkirim ke Amerika, Australia, dan Malaysia.

neck_guitar

guitar_custom

detail_guitar

Setelah cari tau, ternyata sudah banyak lho pelanggan dari Syukey Guitar ini, seperti : Anang Hermansyah, Bondan Prajoso, Apoy, Aksan Sjuman, Ermy Osman, bahkan Gugun “Blues Shelter” memesan gitar full customnya di Syukey Guitar…SALUTE !

Ruang Pengecatan
Ruang Pengecatan
Riang Oven
Riang Oven
Ruang penyimpanan Gitar
Ruang penyimpanan Gitar
Ruang Detailing
Ruang Detailing
Ruang Check Sound Gitar
Ruang Check Sound Gitar
Ruang Recording
Ruang Recording

SYUKEY GUITAR yang workshopnya terletak di daerah Cirendeu ini ternyata sangat professional sekali dalam mengerjakan gitar customer. Setelah kita diajak berkeliling, ternyata
tiap pekerjaan dari gitar dilakukan di tempat yang terpisah-pisah, mulai dari :
Ruang workshop (pemotongan, sampai menjadi bentuk dasar gitar)
Ruang pengecatan
Ruang oven gitar
Ruang penyimpanan gitar
Ruang reparasi/ detailing
Ruang pengetesan gitar.

custom_giutar

SALUTE buat pemuda bangsa Indonesia yang kreatif, semangat dan terus berusaha. GO SYUKEY GUITAR – GO INDONESIA !!!

syukey_guitar_indonesia

Untuk yang ingin tahu lebih banyak tentang Syukey Guitar silahkan datang ke workshopnya di :
Jl Mekar Baru Raya, no 26
Cirendeu Ciputat – Tangerang Selatan – INDONESIA
Ph (021) 92002702

www.syukeyguitars.com

 

Comments are closed.