Wisata Kota Tua Jakarta

Minggu pagi di Kawasan Kota Tua Jakarta,

Kawasan kota tua Jakarta juga dikenal dengan nama Batavia Lama terletak dibagian utara kota Jakarta. Kawasan ini terbentang melintasi bagian Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Pada jamannya disinilah letak pusat perdagangan karena lokasinya yang strategis.  Setelah kawasan kota tua tidak lagi difungsikan sebagai pusat perdagangan, pada  perkembangannya saat ini justru menjadi kawasan wisata yang sangat potensial.

Museum Fatahillah
Museum Fatahillah

Kawasan wisata Kota Tua Jakarta selalu menarik untuk di telusuri, bahkan sudah menjadi salah satu kawasan wisata andalan Jakarta. Setiap sudut kawasan wisata kota tua Jakarta menarik untuk disinggahi.  Akhir minggu  adalah saat yang tepat untuk berkunjung kesana.

Penyewaan Sepeda Onthel di Museum Fatahilah
Penyewaan Sepeda Onthel di Museum Fatahillah

Menelusuri kawasan wisata kota tua Jakarta bisa dinikmati dengan cara bersepeda, mengingat lokasi tempat dan gedung bersejarah yang letaknya sedikit berjauhan.  Jika memungkinkan, membawa sepeda sendiri akan lebih nyaman. Jika tidak pun di pelataran Museum Fatahillah  juga  banyak yang menyewakan sepeda onthel plus topi khas Belanda jaman dulu.  Sewa sepeda onthel dibandrol Rp 20.000 selama 30 menit dan Rp 30.000 selama sejam.

Toko Merah
Toko Merah

Rute yang menarik untuk menyusuri kawasan wisata kota tua Jakarta yaitu Museum Fatahillah, Toko Merah, Jembatan Kota Intan, Menara Syahbandar dan Museum Bahari terakhir Pelabuhan Sunda Kelapa.  Rutenya sih sebenarnya pendek tapi bisa menghabiskan waktu berjamjam karena buanyak banget spot menarik yang sayang jika terlewatkan.

Jembatan Kota Intan
Jembatan Kota Intan

Satu tips untuk bisa menikmati keelokan kawasan wisata kota tua Jakarta, adalah sebaiknya berkunjung pada waktu pagi hari sekitar jam 6 pagi, selain karena udara yang masih cukup segar jalanan pun masih lumayan sepi.

Menara Syah Bandar
Menara Syah Bandar

Sementara memasuki siang hari daerah ini selain terik matahari yang mulai menyengat jalanan juga sudah mulai ramai dengan kendaraan.

Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa

Semoga sharing perjalanan TARAKAisME bisa bermanfaat buat sahabat semua. Terus eksplor Wisata Indonesia 🙂

Comments are closed.